Bola bekel, permainan tradisional sederhana yang menguji ketangkasan. Di era gadget saat ini, anak-anak perkotaan mungkin sudah tidak lagi bermain bola bekel. Padahal, bermain bola bekel sangat mengasyikkan. Anak-anak yang bermain permainan ini bisa lupa waktu. Tidak menutup kemungkinan anak-anak lupa dengan gadgetnya jika bermain bola bekel bersama teman-temannya.

Bola bekel adalah permainan yang berasal dari Jawa Timur. Di Jawa Barat juga terdapat permainan ini yang disebut beklen. Permainan tradisional ini biasa dimainkan oleh anak perempuan. Biasanya dilakukan oleh dua sampai lima orang dan bisa dilakukan di dalam maupun luar ruangan. Anak-anak biasa memainkannya di teras rumah. Coba mainkan permainan game online terbaik saat ini yang bisa Anda mainkan dengan mudah seperi game Joker123.

Permainan bola bekel membutuhkan satu buah bola yang terbuat dari karet dan lima sampai sebelas biji bekel, tergantung kesepakatan pemain. Biji bekel biasa disebut dengan luwuk. Jika pemain terdiri dari tiga orang atau lebih, maka untuk menentukan siapa yang main terlebih dahulu harus melakukan hompimpa. Sementara jika pemainnya hanya dua orang, cukup melakukan suit saja.

Cara memainkannya cukup sederhana. Bola dilempar ke atas bersamaan dengan biji bekel yang diserak di bawah atau lantai. Lalu, pemain menangkap bola yang sudah membal sekali tersebut. Setelah berhasil ditangkap, pemain melempar kembali bola tersebut dan mengambil satu biji bekel. Kemudian bola ditangkap setelah satu kali membal. Jika bola berhasil ditangkap, pemain bisa melanjutkan permainan. Namun jika tidak berhasil menangkap bola, pemain tersebut harus menghentikan permainannya dan berganti ke pemain selanjutnya.

Biji bekel yang diambil pertama dari berjumlah satu, dua, dan seterusnya sampai semua jumlah biji yang digunakan diambil sekaligus dalam satu serakan. Permainan ini mengundang tawa jika pemain gagal menangkap bola atau mengambil biji bekel sesuai jumlah yang ditentukan. Permainan bola bekel ini sudah pasti menguji ketangkasan dan kecerdasan motorik. Ketangkasan diperlukan dalam mengambil biji bekel sesuai jumlah lalu menangkap bola yang sudah membal sekaligus.

Biji bekel bisa diganti dengan batu kecil yang tersedia di halaman rumah kamu, kok. Jadi sudah pasti murah dan mudah memainkan permainan tradisional bola bekel ini. Kamu hanya tinggal membeli bolanya di warung atau toko mainan seharga dua sampai lima ribuh rupiah saja. Selamat mengenalkan game sederhana ini ke anak dan saudara kamu, ya!